Step by Step Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5
- Unity, dalam tutorial kali ini saya menggunakan Unity 5.1.1
- Vuforia SDK, dalam tutorial ini saya menggunakan vuforia-unity-5-0-5. Pilih 'Download for Unity'.
- Android SDK, ini adalah tools wajib untuk membuat aplikasi android.
Langkah 1 : Buka Unity dan buat project baru
![]() |
Blank project unity |
Langkah 2 : Ubah project ke Android
![]() |
Ubah project unity ke android |
Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada player setting
![]() |
Pengaturan player |
Atur nama company dan nama aplikasi
![]() |
Atur nama company dan nama aplikasi |
Dan juga pengaturan bundle identifier
![]() |
Atur bundle Identifier |
Langkah 3 : Import Vuforia SDK dengan double klik
![]() |
Double click Vuforia SDK |
Centang semua elemen import
![]() |
Centang semua untuk import Vuforia SDK |
Langkah 4 : Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene, delete Main Camera.
![]() |
Masukkan ARCamera dan ImageTarget ke dalam scene |
Vuforia mensuport debugging di PC menggunakan camera webcam. Tapi jika hardware belum di support Vuforia Anda dapat menonaktifkan fitur ini.
![]() |
Disable 'Don't use play mode' jika error |
Jangan lupa save scene dengan Ctrl + S setiap melakukan perubahan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
Langkah 5 : Definisikan marker dengan klik ImageTarget kemudian klik 'No targets defined. Press here for target creation !'
![]() |
Definisikan marker untuk target |
![]() |
License manager pada Vuforia |
Pada lisensi ada kode yang harus Anda letakkan di code Anda. Copy semua kode tadi kemudian masukkan di ARCamera pada project Anda
![]() |
Lisensi Vuforia |
Masukkan ke ARCamera
![]() |
Masukkan license ke ARCamera |
Kemudian definisikan marker pada image target. Pada bagian 'Target Manager' klik 'Add Database'.
![]() |
Tambahkan database |
Masukkan nama database, kemudian upload marker. Marker yang Anda Upload akan ditampilkan dan diberi rating
![]() |
Marker yang di upload di Vuforia |
Kali ini saya menggunakan marker berikut, Anda dapat menggunakan marker lain.
![]() |
Marker |
![]() |
File .unitypackage berisi dataset marker |
Langkah 6 : Import file dataset dengan double click file dataset dengan ekstensi .unitypackage yang Anda dapatkan dari Vuforia. Kemudian tentukan dataset yang digunakan pada ImageTarget
![]() |
Tentukan dataset pada Image Target |
Taruh object yang akan dimunculkan pada AR di atas Image Target. Buat object tersebut menjadi child dari ImageTarget. Pada contoh ini saya memakai object cube dengan klik GameObject >> 3D Object >> Cube
![]() |
Menletakkan object AR |
Konfigurasi ARCamera untuk me load dataset
![]() |
Konfigurasi ARCamera untuk me-load dataset |
Langkah 7 : Jalankan project dengan klik File >> Build Settings >> Build. Copy file .apk ke device Android Anda dan jalankan aplikasinya
![]() |
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
![]() |
Preview aplikasi Augmented Reality Unity + Vuforia |
Cara Membuat Simple Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity 5.1.1 dan Vuforia 5.0.5
4/
5
Oleh
dhick Blogger